Tuesday, June 12, 2018

Seni Kuno, Ilmu Modern: Pengantar Hipnoterapi Modern

Seni Kuno, Ilmu Modern: Pengantar Hipnoterapi Modern

Pengaturan adalah kantor yang dihias dengan selera tinggi. "Sally," eksekutif hiburan berusia tiga puluh dua tahun, bersandar di kursi yang nyaman dan mengambil beberapa napas dalam-dalam yang lambat. Terapisnya meredupkan lampu lalu mulai berbicara kepadanya dengan nada suara yang pelan dan merdu.


Dalam beberapa menit, sudah jelas bahwa Sally sangat rileks; sebenarnya, dia tampaknya tertidur. Mengamati reaksi fisiologis halus dalam menanggapi derai, terapis melengkapi induksi - "lima, empat, tiga, dua, satu, nol, tidur nyenyak." Sally menghembuskan nafas hampir dengan desahan, menandakan pelepasan akhir ke hipnosis dalam. Terapis mulai bekerja.

Hampir tidak ada acara panggung Las Vegas, ini. Tidak ada penonton yang bersorak-sorai, tidak ada kelompok sukarelawan yang ingin memiliki "perubahan" hipnotis ke dalam kartun manusia. Hypnotherapist akan menghabiskan dua puluh hingga tiga puluh menit berikutnya hanya berbicara dengan Sally dengan suara yang tenang, hampir percakapan.

Ini adalah monolog yang kaya dengan cerita, gambar, dan bahasa metafora - yang dirancang untuk menyesuaikan pola pembelajaran linguistik pribadi Sally, dan dimaksudkan untuk terhubung langsung ke pikiran bawah sadarnya, sumber dari sebagian besar perilaku manusia; baik dan buruk, diinginkan dan sebaliknya.

Alasan Sally mencari hipnoterapi adalah mengatasi ketakutan yang hampir melumpuhkan dari berbicara di depan umum yang menjadi semakin merusak karier yang sangat menjanjikan. Dia juga ingin mengurangi dan mengendalikan stres yang datang dengan pekerjaannya. Setelah hanya empat sesi, dia sekarang melakukan sebagian besar presentasi dengan mudah dan pasti. Berbicara kepada khalayak luas masih agak mengintimidasi, tetapi mengingat kemajuannya yang cepat, ketakutannya kemungkinan akan segera menjadi kenangan belaka.

Di akhir sesi, Sally 'terbangun' dengan isyarat, merasa segar dan rileks. Tanyakan padanya dan dia akan mengatakan kepada Anda bahwa di luar fakta bahwa ia berhasil menaklukkan rasa takutnya, secara umum ia merasa jauh lebih baik tentang dirinya daripada sebelum memulai terapi.

Ini adalah efek samping umum dari hipnosis terapeutik - meningkatkan citra diri dan kepercayaan diri, dan rasa pencapaian dan pemberdayaan yang mendalam. Tidak mengherankan, Sally menyukai perasaan itu, seperti kebanyakan orang yang mengalami hipnoterapi kontemporer - kombinasi unik dari seni kuno dengan ilmu perilaku modern.

Penggunaan hipnosis sebagai katalis untuk perubahan perilaku dan penyembuhan fisik berawal sejak periode terawal dari riwayat yang tercatat. Dari zaman budaya India dan Mesir kuno, hipnoterapi telah surut dan mengalir dalam popularitas, kadang-kadang berkembang, kadang hampir menghilang, tetapi selalu bertahan - melintasi budaya, geografi, teknologi, dan waktu itu sendiri.

Di era kesehatan modern - selama seratus tahun terakhir atau lebih, dan terus hari ini - ratusan studi yang dilakukan di banyak lembaga akademis dan medis paling bergengsi di seluruh dunia telah berulang kali dan secara empiris memverifikasi kemanjuran hipnoterapi untuk banyak klinik situasi.

Misalnya, pencarian kata kunci untuk hipnosis atau hipnoterapi di Situs Web dari American Medical Association, National Institutes for Health, American Psychological Association, atau World Health Organization akan menghasilkan banyak artikel, abstrak, dan laporan tentang studi klinis mengenai penggunaan hipnosis dalam pengobatan modern dan psikoterapi. Hipnosis digunakan di lembaga-lembaga terkemuka seperti Mayo Clinic, diintegrasikan ke dalam praktik ribuan dokter dan psikolog, dan dipraktekkan oleh puluhan ribu hypnotherapists awam di seluruh dunia, dan dengan alasan yang bagus.

Hypnotherapy sangat serbaguna. Hal ini dapat diterapkan dengan sangat baik di berbagai variasi situasi kejuruan, avokasional, dan klinis. Ini membantu orang menghilangkan ketakutan dan fobia; memberantas kebiasaan buruk, emosi dan sikap negatif; dan meningkatkan kinerja mereka di tempat kerja, di atletik, atau di hampir setiap area lain dari kehidupan pribadi, profesional, atau rekreasi mereka; dan seringkali sangat cepat.

Dalam pengaturan klinis, di mana hipnoterapi berbaring harus bekerja di bawah rujukan dan pengawasan dokter berlisensi, hipnoterapi sering merupakan tambahan yang efektif untuk perawatan konvensional untuk berbagai kondisi seperti Obesitas, Sindrom usus iritasi, Lupus, Migrain, Sindrom Kelelahan Kronis, Fibromyalgia, Tinnitus , Asma, Alergi, Kutil, HIV, infertilitas, dan bahkan beberapa jenis kanker. Dr. Joan Friedrick, PhD, MA, menulis tentang hipnosis klinis untuk Healthology ABC News Online: "Diperkirakan bahwa 94 persen pasien mendapatkan manfaat dari hipnoterapi, meskipun hanya terkait dengan peningkatan relaksasi."

Hipnoterapi dapat membantu pasien mempersiapkan dan menyembuhkan lebih cepat dari prosedur gigi, operasi, dan persalinan. Itu digunakanberhasil mengontrol nyeri kronis, dan sebagai tambahan untuk, dan kadang-kadang pengganti, anestesi kimia. Banyak pasien juga menemukan bantuan dari ketidaknyamanan yang terkait dengan perawatan kasar seperti kemoterapi dan terapi radiasi. Di bawah rujukan dari psikoterapis berlisensi, hipnoterapis juga memberikan pengobatan tambahan untuk berbagai masalah kesehatan mental yang melebihi lingkup peningkatan diri vokasional / avocational. Pada saat yang sama hipnoterapi masih ada di semacam dunia bawah antara perawatan kesehatan utama dan perdukunan metafisis, dipagari dengan rapi oleh mitos, ketakutan, dan kesalahpahaman tentang apa itu dan bagaimana cara kerjanya. Pemahaman ini kemungkinan besar lahir dari fakta bahwa hanya sebagian besar orang yang terpapar pada hipnosis adalah melalui pertunjukan panggung dan perangkat plot melodramatik yang buruk yang dapat menghibur, tetapi juga benar-benar salah informasi.

Tentu saja, menonton sekelompok relawan panggung yang terhipnotis melalui langkah mereka mungkin akan menuntun individu yang rasional untuk menyimpulkan bahwa subjek benar-benar kehilangan kendali atas pikiran mereka, tanpa ragu-ragu yang paling dikhawatirkan mengenai hipnosis. Setelah semua, siapa yang waras mereka akan bertindak seperti itu?

Jawabannya terletak pada kenyataan bahwa sementara kita semua dapat mengalami hipnosis yang diinduksi jika kita memilih (dan kita harus memilih atau tidak), sebagian kecil populasi secara alamiah dapat dibuktikan dengan keadaan hipnosis. Seorang hipnotis panggung yang terlatih menemukan jenis-jenis ini di audiens, kemudian hanya mengambil sukarelawan dari calon yang mungkin dan mengundang mereka ke panggung.

Para somnambulis alami ini, begitu mereka disebut, juga merupakan tipe kepribadian yang paling mungkin ingin menjadi bagian dari pertunjukan - tetapi mereka tidak pernah kehilangan kendali atas pikiran mereka, juga tidak dapat (atau siapa pun) dipaksa melakukan apa pun yang mereka tidak mau, atau biasanya tidak.

Bahkan, hipnoterapi lebih dari apa pun tentang membantu klien meningkatkan kontrol atas emosi, perilaku, dan masalah yang tidak diinginkan dalam hidup mereka. Jadi jika orang-orang yang kita lihat di atas panggung mengepakkan sayap mereka dan kwek-kwek seperti bebek, itu karena mereka mau. Dibutuhkan semua jenis setelah semua.

Kedua hanya karena takut kehilangan kendali adalah rasa takut terjebak dalam hipnosis jika ada sesuatu yang melumpuhkan hipnoterapi - cara umum dalam film B - dan sekali lagi sama sekali tidak benar. Jika keadaan yang tidak menguntungkan itu muncul, subjek yang terhipnotis hanya akan 'bangun' - dan mudah-mudahan dapat menelepon 911.

Banyak orang juga percaya bahwa mencari bantuan untuk mengubah perilaku atau mengatasi tantangan emosional mencerminkan semacam kelemahan pribadi. Ironisnya, hampir semua orang bergantung pada banyak orang lain untuk membantu kita menjalani hidup kita - tukang cukur, dokter, dokter gigi, petani, tukang daging, mekanik, tukang ledeng, dll. Namun ketika menyangkut masalah mental, mungkin aspek terpenting dalam hidup kita. Banyak dari kita menghindari bantuan profesional, karena takut kita akan dianggap lemah. Kami pikir kami harus mampu melakukannya sendiri, dan itu mungkin kesalahpahaman besar.

Ada banyak teori seputar kepribadian dan perkembangan perilaku, namun secara umum diterima bahwa sebagian besar pola perilaku dan emosi diatur cukup awal dalam kehidupan. Setelah mendarah daging, sebagian besar perilaku juga menjadi sebagian besar otomatis. Kami mengalami stimulus atau pemicu dan bereaksi tanpa pikiran sadar. Jadi, bagi kebanyakan orang, mencoba mengubah perilaku, emosi, atau meningkatkan kinerja fisik melalui niat sadar atau kemauan keras sering, jika tidak selalu, sia-sia. Itu tidak ada hubungannya dengan kurangnya keinginan, karakter, atau kelemahan pribadi. Pikiran kita tidak bekerja seperti itu.

Misalnya, meminta Sally untuk dirinya sendiri karena takut berbicara di depan umum akan sama dengan berpikir bahwa dia telah memaksa dirinya untuk melakukannya. Setelah mendengar namanya dipanggil untuk berbicara, dia pasti tidak berpikir, "hati-hati mulai membalap, telapak tangan berkeringat, tenggorokan mengeras, suara berderit, panik masuk." Tidak - itu terjadi begitu saja. Itu adalah respons otomatis. Jadi, bagaimana kita mengubah respons itu?

Hipnosis menempatkan pikiran dalam kondisi penerimaan yang terfokus. Berada dalam hipnosis mungkin terasa tidak berbahaya karena hanya duduk dengan mata terpejam, atau mungkin terasa sangat mirip transkonsinya - perasaan relaksasi yang sangat mendalam sementara selalu terjaga dan sadar akan apa yang terjadi.

Apapun, sementara kita berada dalam hipnosis, diyakini bahwa kritik batin dari pikiran sadar kita ditahan dengan putus asa, sehingga memberikan pikiran bawah sadar kita kesempatan untuk menerima saran untuk perubahan yang ingin kita terapkan. Dengan kata lain, ketika berada dalam hipnosis, kita mengajari kembali akal bawah sadar untuk bereaksi terhadap pemicu perilaku atau emosional yang diberikan dengan cara yang baru dan diinginkan.

Dalam kasus Sally, perasaan takut dan kecemasan yang muncul secara tidak sadar terhadap pembicaraan publik diganti dengan perasaan tenang dan percaya diri.Dengan penguatan, respons baru dari ketenangan segera menjadi sama otomatisnya dengan respons ketakutan yang lama. Jika prosesnya terdengar cukup sederhana, itu sebagian besar - setidaknya di tangan seorang praktisi yang berpengalaman dan terlatih. Dan terlepas dari mekanisme yang tepat dari hipnoterapi, yang seperti kebanyakan protokol kesehatan mental dapat diperdebatkan, itu berhasil; orang mendapatkan hasil.

Tentu saja ada batasan untuk penggunaan dan aplikasi untuk hipnoterapi - itu bukan peluru ajaib. Sukses membutuhkan keinginan dan komitmen sadar klien untuk berubah, kesediaan untuk mengalami keadaan, dan keyakinan pada kemungkinan untuk sukses. Jika tidak, hipnoterapi mungkin tidak berfungsi dengan baik, jika sama sekali.

Dr. Friedrick juga melaporkan dalam Healthology bahwa, "menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hipnosis tidak boleh dilakukan pada pasien dengan psikosis, kondisi kejiwaan organik, atau gangguan kepribadian antisosial." Hipnoterapi juga tidak dianggap efektif untuk mengobati kecanduan zat-zat yang mengubah pikiran seperti obat-obatan atau alkohol, kecuali mungkin bila dikombinasikan dengan program dua belas langkah. Bahkan kemudian penggunaannya mungkin paling baik terbatas untuk membangun motivasi dan mempromosikan partisipasi aktif dalam program daripada benar-benar mencoba mengubah perilaku adiktif.

Akhirnya, penting untuk menegaskan kembali bahwa untuk setiap kondisi yang berhubungan dengan medis atau psikogenik, hipnoterapi adalah terapi tambahan; itu bukan obat-obatan, atau psikoterapi, dan menggunakannya seperti itu atau sebagai pengganti semacam itu merupakan kontraindikasi dan melawan hukum. Ada banyak aplikasi medis dan psikologis yang bermanfaat, tetapi hipnoterapi awam pertama-tama harus memperoleh persetujuan tertulis / rujukan dari dokter klien atau psikoterapis berlisensi untuk secara hukum dan etika bekerja pada kasus-kasus seperti itu.

Bagi siapa pun yang tertarik untuk mencoba hipnoterapi, menemukan ahli hipnoterapi yang baik sama seperti menemukan dokter atau psikoterapis yang baik - adalah bijaksana untuk berbelanja. Untuk hasil terbaik, seorang individu harus merasa nyaman dan berhubungan dengan terapis dan memiliki keyakinan dalam kemampuan, pelatihan, dan pengalaman terapis.

Karena kebanyakan negara tidak memiliki standar untuk pelatihan, sertifikasi, atau lisensi hipnoterapis, memperoleh informasi semacam ini adalah penting, dan praktisi yang terlatih dan berpengalaman harus cukup bersedia memberikan calon klien dengan kredensial dan referensi. Ini menawarkan kepada konsumen perlindungan dari ketidakmampuan, harapan palsu, atau praktik ilegal. Jika tidak ditawarkan informasi ini mungkin bijaksana untuk mencari tempat lain untuk perawatan.

Tentu saja undang-undang yang menetapkan standar untuk pelatihan, sertifikasi, dan lisensi hipnoterapis jelas akan memberikan legitimasi lebih lanjut kepada profesi. Ini akan memfasilitasi penerimaan hipnoterapi oleh penyedia asuransi kesehatan, membantu menyingkirkan profesi tidak kompeten, dan membantu memindahkan hipnoterapi bahkan lebih kuat ke dalam mainstream kesehatan modern. Menurut pendapat mereka yang mempraktekkan hipnoterapi sebagai profesional yang berdedikasi dan ribuan "Sally" yang secara harfiah mengubah hidup mereka melalui bantuannya, kombinasi kuat dari seni kuno dan sains modern ini layak mendapat posisi yang tidak kalah dalam sistem perawatan kesehatan saat ini.

No comments:

Post a Comment