Saturday, June 9, 2018

HYPNOTHERAPY ATAU HYPNOSIS KLINIS

HYPNOTHERAPY ATAU HYPNOSIS KLINIS


Hipnosis telah digunakan sebagai alat terapi selama berabad-abad, tetapi hanya dalam 60 tahun terakhir aplikasi klinis telah ditunjukkan. Penggunaan hipnosis oleh komunitas medis telah meningkat, sebagian sebagai hasil dari meningkatnya kesadaran hipnoterapi sebagai terapi psikoterapi yang tersedia, dan juga sebagai hasil dari penelitian yang luas.


Sejarah Hipnosis

Dari Mesir yang menggunakan 'kuil tidur' di mana saran terapi dibuat, kembali ke sejarah Yunani kuno dan Roma beberapa bentuk hipnosis telah dipraktikkan. Aplikasi klinis, bagaimanapun, belum diklarifikasi sampai saat ini. Para peneliti dan dokter sekarang telah memperkenalkan teori yang dapat diterima dan didukung oleh bukti ilmiah.

Pada tahun 1843, seorang ahli bedah asal Skotlandia, James Braid, berusaha menjelaskan trans dalam istilah ilmiah. Pembedahan dilakukan di bawah apa yang disebut Braid sebagai 'hipnosis' yang diciptakan dari kata Yunani hypnos, yang berarti tidur.

Pada bagian awal abad ke-20 hipnosis digunakan hampir secara eksklusif oleh hipnotis panggung, sehingga memproyeksikan pandangan terdistorsi yang putus asa dari alat terapi yang sangat kuat ini. Hypnotherapy benar-benar berbeda dari tahap hipnosis. Hypnotherapy bukanlah sesuatu yang seseorang 'lakukan' untuk Anda. Anda tetap memegang kendali. Sayangnya, hipnotis panggung yang memanfaatkan nilai hiburan hipnosis telah berbuat sangat sedikit untuk persepsi orang yang lebih baik dari hipnosis.

Pada tahun 1955, British Medical Association mendukung praktik hipnotis dalam pendidikan Sekolah Kedokteran, sejak itu telah menjadi tambahan yang berharga untuk perawatan psikoterapi konvensional, medis dan lainnya.

Apa itu Hypnosis Klinis atau Hipnoterapi?

Secara sederhana, hipnosis adalah keadaan kesadaran yang berubah. Hipnosis Klinis atau Hipnoterapi, oleh karena itu, adalah penggunaan keadaan kesadaran yang berubah, atau trans, untuk titik akhir terapeutik. Ini berarti bahwa orang-orang tidak diperlakukan dengan hipnosis tetapi diperlakukan masuk dan keluar dari hipnosis.

Semua kondisi hipnosis dicirikan oleh keadaan relaksasi yang sangat menyenangkan, yang mana individu membiarkan diri mereka masuk sehingga yang diinginkan, saran yang bermanfaat dapat diberikan langsung ke bagian pikiran yang dikenal sebagai alam bawah sadar. Di bawah hipnosis, bagian bawah sadar dari pikiran yang memengaruhi fungsi mental dan fisik menjadi lebih reseptif terhadap terapi. Selama keadaan trans ada konsentrasi tinggi untuk tujuan khusus memaksimalkan potensi, mengubah keyakinan dan perilaku yang membatasi dan mendapatkan wawasan dan kebijaksanaan.

Meskipun hipnosis mungkin ringan, sedang atau dalam, trance sedang biasanya digunakan selama metabolisme, pernapasan dan detak jantung lambat dan otak menghasilkan gelombang alfa. Keadaan kesadaran yang normal yaitu tidur, bermimpi, sedang bangun, dapat dideteksi dalam pola gelombang yang dihasilkan oleh otak. Keadaan hipnosis berbeda dari ketiganya. Gelombang otak yang terkait dengan keadaan tenang dan reseptif disebut gelombang alfa. Di negara-negara alfa, tubuh berangsur-angsur rileks. Hypnosis, meditasi, bermimpi hari, diserap dalam buku atau musik atau televisi, mengemudi dan tiba di tujuan Anda tanpa mengingat semua landmark yang biasa, dll. Adalah contoh yang baik dari negara-negara alfa.

Keadaan trance adalah fenomena alami. Hypnosis Klinis atau Hypnotherapy yang dilakukan oleh terapis yang dapat dipercaya dan berkualitas secara profesional benar-benar aman.

Bagaimana cara kerja Hypnosis Klinis atau Hypnotherapy?

Pikiran bawah sadar adalah sumber dari banyak masalah dan citra diri kita. Keyakinan, kebiasaan, dan perilaku kita disimpan sebagai informasi. Alam bawah sadar adalah sumber kekuatan dan pengetahuan kita yang tak dikenal. Pada dasarnya, hipnoterapi digunakan untuk membantu seseorang mengubah keyakinan dan pikirannya yang tidak sehat.

Hipnosis adalah teknik alami dan efektif untuk mengakses pikiran bawah sadar - kunci untuk melepaskan potensi kita, mengubah kebiasaan dan perilaku yang tidak diinginkan dan mencari solusi untuk masalah dan kekhawatiran kita.

Setiap intervensi terapeutik menyiratkan perubahan, sehingga memasuki keadaan trance saja tidak menandakan titik akhir terapeutik. Setelah individu telah mencapai keadaan trance hypnotherapist menggunakan banyak metode terapi yang berbeda mulai dari saran sederhana untuk terapi analitis. Sebagai contoh, terapis mungkin bertanya tentang kekhawatiran masa lalu, sekarang atau masa depan untuk menetapkan alasan untuk masalah tersebut. Atau terapis dapat memberikan saran kepada pikiran bawah sadar yang bertujuan untuk mengatasi masalah tertentu seperti kurangnya kepercayaan diri. Beberapa penggunaan seperti menenangkan seseorang membutuhkan perubahan minimal pada bagian dari individu, pola perilaku yang lebih kompleks seperti makan berlebihan atau perawatan gangguan panik ataudepresi reaktif (non-klinis) membutuhkan intervensi terapeutik yang lebih kompleks bersama dengan pekerjaan rumah psikologis dan perilaku.

Apa yang terjadi dalam sesi hipnoterapi?

Tugas awal terapis adalah untuk menjalin hubungan dengan klien. Ini melibatkan mendorong klien untuk membicarakan kekhawatirannya. Terapis akan menghabiskan waktu dengan klien terlebih dahulu untuk mengambil riwayat klinis. Serta membangun catatan klinis, diskusi memberikan kontribusi untuk membangun kepercayaan dan kepercayaan antara terapis dan klien. Merasa aman, nyaman dan aman dengan terapis membantu induksi trans hipnosis.

Tujuan untuk terapi dibahas dan disepakati dan penjelasan lengkap tentang hipnosis disediakan. Setiap pertanyaan atau kesalahpahaman tentang hipnosis juga akan ditangani.

Ada banyak cara untuk mencapai kondisi trance. Biasanya, Anda berbaring di kursi malas atau sofa dan terapis berbicara kepada Anda dengan suara pelan dan menenangkan. Anda mungkin diminta untuk membayangkan atau memvisualisasikan berjalan di jalur negara, atau menatap titik tetap atau mendengarkan suara sang terapis. Saran untuk relaksasi juga dapat diberikan. Untuk memperdalam trans, terapis mungkin menghitung Anda turun dari 10 ke 1 atau meminta Anda membayangkan menuruni tangga. Anda akan merasa sangat santai tetapi tetap sadar akan lingkungan sekitar Anda.

Untuk kembali ke kesadaran penuh, yang dapat Anda lakukan sendiri kapan saja, terapis dapat menghitung dari 1 hingga 10.

Lama perawatan tergantung pada masalah atau gejala dan keadaan individu. Dengan beberapa orang, masalah seperti menggigit kuku dapat berhasil ditangani dalam satu sesi. Masalah lain seperti serangan panik bisa memakan waktu hingga 5 atau 6 sesi.

Dalam perjalanan terapi klien biasanya diajarkan self hypnosis sebagai bagian dari sejumlah tugas pekerjaan rumah terapeutik.

Sesi pertama biasanya berlangsung satu setengah jam dengan sesi berikutnya antara satu jam dan satu setengah jam.

- Tidak ada seorang pun yang dapat terhipnotis melawan keinginannya dan bahkan ketika dihipnotis, orang-orang masih tetap memegang kendali penuh atas setiap saran yang diberikan.

- Seluruh objek dari hipnosis klinis adalah untuk mengambil kembali kendali yang telah hilang dan yang oleh karenanya telah menghasilkan gejala atau masalah.

- Diperkirakan bahwa sekitar 85% orang dari semua kelompok usia akan siap menanggapi hipnosis.

Kondisi apa yang cocok untuk perawatan dengan Hypnosis Klinis?

Di bawah ini adalah beberapa kondisi di mana hipnosis klinis diindikasikan sebagai perawatan praktis:

- Melanggar kebiasaan yang tidak diinginkan mis. merokok, enuresis nokturnal (mengompol), menggigit kuku, gagap.

- Hipnosis dalam olahraga. Ini adalah bentuk terapi yang berorientasi pada tujuan yang berfokus pada kepositifan dan motivasi dan berurusan dengan kinerja yang membatasi keyakinan dan sikap serta memperkuat keyakinan yang kuat dan sehat dan membangun citra diri yang konstruktif.

- Mendapatkan bantuan dan remisi dari gejala seperti: sakit kepala, migrain, gangguan pencernaan dan neurologis.

- Kondisi dermatologis seperti eksim, psoriasis, neuro-dermatitis.

- Masalah ginekologi seperti PMT, amenore, dismenore, infertilitas psikogenik dan kebidanan.

- Kontrol nyeri untuk operasi kecil, kedokteran gigi, radang sendi dan nyeri neuromuskuler umum dan nyeri.

- Hypnotherapy dapat membebaskan individu dari fobia, kompulsi, masalah emosional, insomnia, hambatan, perasaan bersalah, cemburu dan banyak kekhawatiran dan kecemasan kehidupan sehari-hari.

- Masalah seksual seperti impotensi, ejakulasi dini, frigiditas, vaginismus dan lain-lain.

- Penggunaan self hypnosis akan membantu mencegah stres dan ketegangan yang disebabkan oleh kehidupan modern, mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular.

- Hypnotherapy efektif untuk mengontrol berat badan, meningkatkan kinerja kerja / belajar / olahraga, meningkatkan konsentrasi dan ingatan, mengembangkan imajinasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan mencapai lebih banyak potensi yang kita masing-masing miliki.

Hypnotherapy benar-benar alami dan aman dan tidak ada efek samping yang berbahaya. Ketika digunakan oleh terapis yang terlatih dan ahli, manfaatnya bertahan lama dan sering permanen.

Kondisi mana yang tidak cocok untuk perawatan dengan Hypnosis Klinis?

Kondisi apa pun yang mungkin disebabkan oleh penyakit serius yang mendasari yaitu di mana penyebab gejala adalah penyakit psikiatri yang serius atau organik.

Poin yang perlu dipertimbangkan jika Anda berniat mencari bantuan dari hipnoterapis

Pelatihan yang baik dengan pengawasan sangat penting untuk berlatih hipnotis klinis atau hipnoterapi terlepas dari apakah terapis adalah seorang psikolog, praktisi medis sepertiseorang dokter atau psikiater, pekerja sosial atau orang non medis.

Ada lebih dari 70 organisasi berbeda di Inggris yang menawarkan pelatihan dalam hipnosis, hipnoterapi, atau hipnosis klinis. Diberikan dengan benar, kemampuan untuk menginduksi hipnosis mudah diperoleh. Namun, butuh waktu lama untuk belajar bagaimana menggunakan keterampilan ini secara efektif dalam kerangka terapi.

Organisasi dan akademi pelatihan yang sudah dikenal dan diakui mengajarkan hipnoterapi dengan mempresentasikan dan kemudian mendemonstrasikan teknik hipnoterapeutik. Siswa kemudian berlatih satu sama lain untuk mendapatkan pengalaman bekerja dengan subyek yang berkemauan dan tahan.

Ada juga organisasi yang menawarkan pelatihan dalam hipnosis melalui pembelajaran jarak jauh. Anda sangat disarankan untuk mencari terapis yang telah terlatih dengan organisasi yang mempromosikan prinsip etika tertinggi dan standar praktik profesional dalam hipnoterapi dan tidak melalui pembelajaran jarak jauh. Apakah Anda bersedia menjadi penumpang di dalam mobil yang pengemudi 'berkualitas' tanpa pernah duduk di belakang kemudi? Pastikan terapis terlatih penuh dan tanyakan pertanyaan yang relevan. Seorang terapis profesional akan senang menjawab pertanyaan Anda.

Ingat bahwa hipnoterapi bukanlah obat ajaib; itu adalah cabang dari psikoterapi. Ini disebut 'terapi singkat' yang berarti tidak seperti psikoterapi tradisional, itu membutuhkan sesi yang jauh lebih sedikit.

Sama seperti bentuk psikoterapi lainnya, mungkin tidak berhasil untuk semua orang.

Siapa pun yang ingin dihipnotis bisa. Kebalikannya juga benar dan Anda dapat menahan hipnosis.

Pikiran memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyembuhkan dan kekuatan ini dapat dilepaskan melalui hipnoterapi. Namun, penting untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab medis untuk gejala dengan mengunjungi GP Anda terlebih dahulu.

Hypnotherapy benar-benar alami dan aman.

baca juga:

No comments:

Post a Comment